Apa itu Taichi?

TAI JI QUAN untuk kesehatan dan pencerahan jiwa

TAI JI QUAN

太 极 拳

Kita sering mendengar kata2 Tai Ji quan (baca: Tai Chi Chuan ) dan malah banyak pula diantara kita yang pernah atau sedang mendalami Tai Ji Quan, tetapi tidak sedikit yang menganggap Tai JI Quan hanyalah sebagai Senam Pernapasan untuk kesehatan tubuh atau hanya sebagai suatu aliran Seni Bela Diri saja. Sebenarnya bila kita berlatih Tai Chi Chuan sesuai dengan prinsip2 yang dikandungnya maka bukan saja Kesehatan Lahir Batin dan Tehnik2 Seni Bela Diri yang handal yang akan kita peroleh tetapi sesuatu yang lebih luhur akan dapat kita capai, yaitu pencapaian yang dapat dicapai bila kita bermeditasi yaitu Pencerahan/Kesadaran yang luhur.

Tai Ji Quan adalah Meditasi Gerak, karena waktu berlatih Tai Ji Quan banyak prinsip2 Tai Ji Quan yang sama bila kita sedang bermeditasi. Ada Naskah penganut ajaran Tao yang mengatakan: Longgarkan tubuh anda dan beristirahatlah dalam ruang yang kosong”. Bukankah kata2 “longgarkan tubuh anda” adalah sesuai dengan releks sepenuhnya dalam Tai Ji Quan? Ketika anda melonggarkan tubuh anda dan releks maka secara wajar Qi (baca: Chi/Energy) akan tenggelam ke Tan Tian dan ini sesuai dengan teori Qi Chen Dan Tian dalam latihan Tai Ji Quan.

Dasar yang penting dalam berlatih Tai Chi adalah Song 松 atau kendur atau releks, konsentrasi yang disertai kesadaran, bebasnya pikiran dari emosi dan angan2, keseimbangan, irama, kelenturan dll.

Fang Song 放 松

MENGENDURKAN SELURUH TUBUH.

Mengendurkan tubuh atau Fangsong adalah yang Utama dan Dasar dari latihan Tai Ji Quan. Hal yang tak dapat diabaikan dan paling dituntut dalam berlatih Tai Ji Quan.

Hal yang sulit dalam berlatih Tai Ji dan juga merupakan ukuran dasar dan aspek yang begitu penting bagi penggemar Tai Ji Quan karena bila tubuh kita tidak Fangsong maka sulit untuk mendapatkan intinya ilmu Tai Ji Quan. Tidak sedikit yang tidak mengerti dengan jelas mengenai Fangsong, gerakanya canggung dan ngotot, ada yang gelisah dan postur tubuh yang dipaksakan dan menjadi keras. Ada yang hanya tahu berlatih jurus2 saja dan masih belum paham mengapa harus kendur dan bagaimana.

Latihan dengan pemahaman yang baik mengenai hal ini sangat penting. .

Fangsong/kendur/releks adalah metode khusus dalam berlatih Tai Ji Quan dengan tujuan menghilangkan kekerasan/kekakuan membina keluwesan kita sering mendengarnya dengan istilah Qu Jiang Qiu Rou 去 僵 求 柔。

Berlatihlah dengan perasaan yang ringan dan senang, tidak ada perasaan gelisah atau tekanan. Setiap persendian anggota tubuh, organ tubuh sampai otot haruslah ulet dan kendur serta mengembang. Sepenuhnya perhatikan dan kendurkan bahu, pinggang, pinggul, kaki. Gunakanlah tulang punggung secara alami menopang berdiri, sedikitpun tenaga yang kaku tidaklah diperkenankan.

Gerakan harus lembut lincah , bebas dan lancar yang berarti: Tidak terburu-buru dan tidak lamban, tidak longgar/terpecah dan tidak mandek, tidak boleh rapuh dan tidak asal-asalan.

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh bila kita dapat berlatih Tai Ji Quan dengan mengikuti prinsip2nya dengan benar.

 

-Fang song dapat membantu menghilangkan kelelahan. Terutama otak besar dapat menyesuaikan dan berpikiran dengan jernih serta dimurnikan. bersamaan dengan ini keempat anggota tubuh dan tulang2 secara menyeluruh mendapat rangsangan yang berguna hingga setiap sistim yang berhubungan saling berkoordinasi dan bermanfaat. Kondisi Batin dan Fisik seimbang dan sangat memperkuat kekebalan tubuh terhadap penyakit.

-Merubah gerakan menjadi luwes, lincah dan terkoordinir, gerakan yang kaku keras dan canggung dapat dihindari.

-Qi Chen Dan Tian, 气 沉 丹 田, Fangsong akan mempermudah Qi (baca: chi/energy) turun/tenggelam ke Tantian hingga menjadi “ atas kosong bawah berisi” dan tubuh menjadi stabil dan ketika mengerahkan tenaga menjadi kuat dan mantap. Dapat dikatakan “Tidak bisa Fangsong maka waktu mengerahkan tenaga tenaga tidak akan dapat dikerahkan dengan sempurna.

-Dengan Fangsong kita dapat melatih Kesadaran karena dengan kesadaran maka kepekaan rasa dapat diperoleh. Dengan adanya kepekaan rasa maka Gaya Tenaga Tai Ji Quan dapat dipahami. Gaya Tenaga ini biasa disebut Qiao Jing 巧 劲。

-Memperlancar peredaran darah dan Qi hingga mencapai apa yang disebut Shu Jin Huo Xie 舒 筋 活 血。 Memperlancar peredaran darah, merenggangkan otot dan persendian tulang, membantu metabolisme. Menghidari sesak napas, jantung berdebar bahkan memperlancar Qi yang macet, gula darah dan efef2 lainnya.

-Melatih kelembutan, membina keluwesan menjadi kekuatan. Hanya bila ada keluwesan baru dapat timbul kekuatan, Tidak ada keluwesan maka tidak ada kekuatan.

Qu Jiang Qiu Rou, Ji Rou Cheng Gang, Gang Rou Xiang Ji, 去 僵 求 柔,积 柔 成刚,刚 柔 相 济。Hilangkan kekerasan binalah keluwesan, binalah keluwesan menjadi kekuatan, kekuatan dan keluwesan saling mendukung.

Bersamaan waktu, dalam berlatih, kita dapat menemukan proses yang berarti dan betapa dalamnya Tai Ji Quan serta bertambahnya pengertian mengenai kaidah2 dan metode2 Tai Ji Quan.