Apakah cukup dengan berlari jika di jambret atau di todong?

Apakah cukup dengan berlari jika di jambret atau di todong?

Jika ditanya apa yg anda lakukan jika anda terkena kejahatan dijamret atau ditodong anda mudah menjawab ya Berlari saja, mungkin ini jalan terbaik menghindari kerusuhan tapi bagaimana jika kita terdesak dan tak ada tempat untuk kabur. Bagi seorang atlit marathon mungkin kuat lari, apakah anda semua yakin dapat berlari? Atau malah menyerahkan harta kita sebagai uang jalan? cara ini cukup mudah bagi orang yang kaya.

Tentunya hal itu tidak akan terjadi jika kita berlatih beladiri. Kita pasti bisa menjaga nyawa dan harta bawaan kita. Setidaknya kita mempunyai keterampilan lebih untuk menjaga dan membela diri.
Namun jika kita melawan tanpa mengetahui/menguasai unsur beladiri adalah hal yang konyol karena itu hanya memberikan makan macan yang lapar. Tak ada salahnya kita belajar beladiri. Selain untuk menyingkirkan kejahatan, banyak juga manfaat yang kita peroleh misalnya; Fisik kita menjadi sehat, kuat, Membuat diri kita lebih berani, Melatih konsentrasi dll.

Tak sulit untuk menemukan jenis beladiri di sekitar kita. Banyak perguruan beladiri seperti pencak silat, karate, tae kwon do, kung fu, judo dan lainnya. Tak hanya kaum pria yang menyukai beladiri tetapi banyak juga dari kaum wanita yang mengikuti latihan beladiri. Namun kebanyakan orang malas untuk belajar beladiri.