Latihan MEMUKUL DI WALL BAG(Wingchun Harimau Besi)

Latihan MEMUKUL DI WALL BAG(Wingchun Harimau Besi)
OLEH SIFU JULIUS KHANG


Sesudah melatih pukulan kosong, praktisi wingchun bisa melatih pukulan pada alat bantu yaitu sandsack yang di gantung di tembok/wall bag.
Wall Bag ini bisa beli di toko alat2 beladiri atau internet atau buat sendiri dari kulit asli/bahan sintetis/terpal yang kuat dan tidak mudah rusak. Sekelilingnya harus di jahit dengan benang yang kuat. Sisi kanan kiri atasnya bisa di bolongi untuk menggantung di tembok.
Dengan tujuan untuk menguatkan kulit2 di buku2 jari, meningkatkan power di lengan dan meningkatkan lemparan pukulan.
*diperagakan murid Wingchun harimau Besi Bogor
Cara berlatih:
1. Pukulkan pukulan lurus berantai secara konstan ke wallbag, tinju tangan(seperti gambar). Buku2 pukulan yang digunakan dalam memukul adalah yg 3 bagian buku tangan yg bawah.
2. Sasaran pukulan adalah wallbag bagian tengah bawah. Gantung wallbag sejajar muka kita atau lebih turun sedikit.
3. Bagi pemula lakukan pukulan konstan 5 menit lalu rehat sejenak, diulang lagi hingga 3-5 set lakukan 1-2 bulan, jika sudah mengalami kemajuan bisa dilanjutkan dnegan pukulan konstan 15 menit diulang 2-3 set. Untuk advanced bs menggunakan berbagai macam jenis pukulan, siku, tamparan bahkan tendangan.
4. Jika tangan lecet segera berhenti latihan. Ulang lagi nanti sesudah lecetnya hilang. Lama2 jika tangan sudah kuat nanti kamu akan memukul terus menerus tanpa lecet.
5. Sediakan arak gosok/cheng gu shui/lo ban teng untuk luka memar, bila ada lecet sobek bisa menggunakan TI TA YO GIN, beli di toko obat cina.
Diperagakan oleh Lim Kim Shang WCHB BOGOR