Lok Diem Boon Gwan, Toya panjang senjata wingchun!

Lok Diem Boon Gwan, Toya panjang senjata wingchun!
Oleh: Kie Eng Tjun 54 Tahun Murid Senior HB Grogol

Pengajaran Wing Chun yang lengkap di Perguruan Harimau Besi, bukan hanya tangan kosong tapi juga aplikasi dua senjata Wing Chun: bart jam do dan luk dim boon gwan..

Dilihat sekilas teknik luk dim boon gwan dianggap bukan dari Wing Chun terutama kuda-kudanya yang lebih lebar dan rendah,
tapi jika dilihat lebih mendalam ternyata teknik luk dim boon gwan tetap menggunakan prinsip-prinsip Wing Chun secara konsisten.
Teknik luk dim boon gwan sebenarnya mirip aplikasi teknik-teknik tangan kosong Wing Chun dengan menggunakan satu tangan (one armed Wing Chun).

Luk dim boon gwan adalah toya panjang seperti galah pendayung perahu sehingga teknik memainkannya tidak seperti toya shaolin yang diputar-putar atau untuk mementung, teknik luk dim boon gwan menggunakan sudut defleksi yang sempit tapi strike nya sangat bertenaga.

Gerakan defleksi ini adalah aplikasi tan, bong, fuk dsb dengan menggunakan gwan, sedangkan strike nya identik dengan pukulan lurus Wing Chun tangan kosong.

Manfaat berlatih LOOK DIM BOON GWAN
Walaupun kelihatan ketinggaan jaman, penguasaan teknik ini tetap diperlukan oleh praktisi Wing Chun yang serius ingin memperdalam Wing Chun nya

Manfaatnya:
1. Memberi pengetahuan dasar penggunaan benda panjang apapun sebagai senjata
2. Memperkuat badan, pergelangan tangan, dan lengan
3. Mengetahui cara memperoleh tenaga dari struktur tubuh, kuda2, dan tanah
4.Memperkuat dan memfokuskan tenaga pukulan