Presiden Tiongkok Xi Jinping Sampaikan Ucapan Selamat Tahun Baru 2014

Menjelang tahun baru Imlek/China
Presiden Tiongkok Xi Jinping Sampaikan Ucapan Selamat Tahun Baru 2014

Menjelang tibanya Tahun Baru, Presiden Tiongkok Xi Jinping menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru 2014 melalui China Radio International (CRI), China National Radio (CNR) dan China Central Televisi (CCTV), semoga rakyat seluruh negeri, saudara-saudara setanah air di Hong Kong, Makau dan Taiwan serta rakyat seluruh dunia sejahtera dan hidup bahagia. Berikut isi lengkap ucapan selamat tahun baru.

Bapak, Ibu Sekalian:

Tahun Baru 2014 yang penuh harapan segera akan tiba.

Tahun yang baru membawa segala sesuatu yang baru. Saya menyampaikan ucapan selamat tahun baru kepada rakyat berbagai etnik di seluruh negeri, kepada saudara-saudara setanah air di Hong kong, Makau dan Taiwan serta kepada sahabat-sahabat berbagai negara dan daerah di dunia.

Semoga orang tua sehat walafiat! Semoga anak-anak gembira! Semoga setiap keluarga bahagia dan selamat!

Menjelang tibanya tahun baru, para buruh, petani, kaum intelektual dan kader tetap bekerja di tempatnya masing-masing, sejumlah saudara setanah air tetap bekerja rajin di berbagai daerah di dunia untuk tanah air, para anggota Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok dan Polisi Bersenjata serta polisi sedang melaksanakan misinya yang mulia.

Di antara mereka, ada yang jauh dari tanah air, jauh dari anggota keluarganya dan ada pula yang tidak dapat berkumpul bersama anggota keluarganya.

Saya atas nama tanah air dan rakyat menyampaikan salam yang tulus dan semoga mereka selamat.

Tahun 2013 adalah tahun yang luar biasa bagi negara dan rakyat Tiongkok. Kita bersama-sama mengatasi berbagai kesulitan dan tantangan, mencapai keberhasilan yang baru.

Keberhasilan yang sulit diperoleh itu terbentuk dari jerih paya rakyat. Saya menyatakan terima kasih yang tulus!

Pada tahun 2013, pemerintah Tiongkok mengadakan pengaturan umum untuk secara keseluruhan memperdalam reformasi, melukiskan gambar biru untuk perkembangan selanjutnya.

Selama tahun 2014, Tiongkok akan mengayunkan langkah baru di atas jalan reformasi.

Mendorong reformasi bertujuan agar negara menjadi lebih makmur, masyarakat menjadi lebih adil dan kehidupan rakyat menjadi lebih indah.

Reformasi merupakan usaha besar yang memerlukan kita berjuang bersama, memerlukan kita mencurahkan tenaga yang lebih kuat.

Rajin bekerja, banyak hasilnya. Dalam praktek pelaksanaan kebijakan reformasi dan keterbukaan, kita sudah menciptakan sejumlah kecemerlangan. Saya yakin, rakyat Tiongkok pasti menciptakan kecemerlangan yang baru.

Bintang-bintang bersemarak di tengah alam semesta yang tidak terbatas.

Sejumlah 7 miliar orang hidup bersama di atas bumi, maka perlu saling membantu dan berkembang bersama.

Rakyat Tiongkok sedang mengejar Impian Tiongkok untuk merealisasi kebangkitan bangsa Tionghoa.

Saya dengan tulus berharap, rakyat berbagai negara perlu saling mengerti, saling membantu dalam proses mewujudkan impian masing-masing, semongga rakyat berbagai negara dapat mewujudkan impiannya.

Kehidupan selalu penuh harapan, keberhasilan selalu dimiliki oleh orang yang bersikap positif, maju dan tak kendur-kendurnya.

Di atas jalan maju, kita akan menghadapi berbagai resiko dan tantangan. Kita perlu bekerja keras, supaya rakyat hidup lebih bahagia.

Kita perlu bersikap rendah hati dan berhati-hati, berjuang keras, bersama-sama melukis lembaran baru bagi zaman perkembangan tanah air yang besar.

Terima kasih!

http://indonesian.cri.cn/201/2013/12/31/1s144771.htm