Selain Kuliah, Belajar Kungfu Boleh Juga! – m.okezone.com

Silahan baca Artikel “Pelatihan Kungfu Wingchun Harimau Besi Cabang Universitas Indonesia” di okezone.com.

Selain Kuliah, Belajar Kungfu Boleh Juga! – m.okezone.com

Mahasiswa UI berlatih kungfu. (Foto: Marieska/Okezone)
Ilmu bela diri kini semakin populer dipelajari oleh setiap orang, tak terkecuali pelajar dan mahasiswa. Banyak sekolah dan kampus yang memasukan ilmu bela diri sebagai salah satu ekstrakurikuler dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Di Universitas Indonesia (UI) ada sebuah komunitas mahasiswa yang khusus mendalami ilmu bela diri Kung Fu. Kung Fu atau Gongfu. adalah ilmu bela diri yang berasal dari Tiongkok. Akan tetapi, arti kata Kung Fu sebenarnya memiliki makna yang jauh lebih luas, yakni sesuatu yang diperoleh dalam jangka waktu yang lama dan dengan ketekunan yang tinggi.

Di UI, komunitas Kungfu pertama kali berdiri pada 2010. Komunitas Kungfu ini bernama Komunitas Kungfu Wingchun Harimau Besi yang merupakan anak atau afiliasi dari pusatnya yakni Harimau Besi di Bogor.

“Kami bangun cabang baru di UI. Kalau di Bogor campuran ada mahasiswanya juga, di sini semacam lahir kembali ke awal, pertama kali Oktober 2010. Awalnya masih sedikit mahasiswa yang bergabung sekira empat hingga enam orang, sekarang ada 30-an mahasiswa,” kata Pendiri dan Pelatih Kungfu Komunitas Winchun UI Ghazi Aufa kepada Okezone, Senin (28/4/2014).

Ghazi yang juga mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ekstensi UI jurusan Administrasi Niaga mengatakan Kungfu Wingchun lebih dikenal dengan Kungfu musim semi. Sebuah sistem beladiri yang dikembangkan sebagai reaksi terhadap beladiri “eksternal” Kungfu Shaolin yang sebagian besar mengandalkan kekuatan.

“Di China diciptakan wanita. Tenaga yang dipakai cuma sedikit. Semacam penempaan tubuh. Bela diri ini melatih fisik, mental, rohani, Wingchun kelebihannya masuk ke daerah lawan dengan cepat, kita belah tubuh manusia gimana caranya masuk center line musuh, tetapi kita mampu pertahankan center line kita, menghadapi musuh dan rival kita. Ini lebih ke fokus, jangan terlalu menggebu-gebu serangan berbagai arah, orang bisa lebih fokus,” jelasnya.

Ghazi menambahkan sebenernya Kungfu meledak setelah adanya film Yipman. Selain itu pascaorde baru, seni bela diri yang berasal dari Tiongkok mulai berkembang dari mulai Kungfu atau Wushu.

“Kalau UKM mahasiswa di UI yang sifatnya bela diri memang segini-gini saja jumlahnya, masing-masing kan punya pilihan, dibuat santai saja. Saya masih kuliah juga, saya bawanya dengan pendekatan dengan mahasiswa saja sehingga melebur,” ungkapnya.

Para mahasiswa ini biasanya berlatih Kungfu setiap Minggu, Kamis, dan Sabtu. Tak hanya berlatih di Balairung, Kampus UI, tetapi mahasiswa yang berlatih Kungfu harus banyak berlatih di rumah jika ingin serius. Saat ini Komunitas Kungfu Winchun Harimau Besi UI tengah berjuang untuk menjadikan komunitas ini sebagai UKM resmi dan memiliki gedung sekretariat di Pusgiwa.

“Kalau mau maju rajin latihan, kami sejauh ini belum pernah ikut turnamen, masih fokus saja. Tujuannya untuk bela diri dan menyebarkan ilmu. Karena Kungfu sendiri ada ratusan aliran dan macam-macam gaya, beda kopi beda rasa,” katanya. (rfa)

http://m.okezone.com/read/2014/04/28/562/976836/selain-kuliah-belajar-kungfu-boleh-juga

 

 

Info pelatihan Kungfu wingchun Harimau Besi. pelatihan cab Kampus UI Depok. jadwal latihan Hari minggu Jam 08.30 s/d selesai.tempat halaman belakang Balairung UI Depok.untuk ket info hub sifu Gazi no hp @082123156450