Tujuan berlatih di Boneka kayu/Wingchun Wooden Dummy

BERLATIH DI BONEKA KAYU UNTUK MENINGKATKAN TEHNIK DAN TENAGA KUNGFU WINGCHUN YANG KITA LATIH!!


Berlatih di boneka kayu wingchun sangat berguna untuk melatih “power” dan “teknik” yang tidak mungkin atau “kemungkinan kecil” kita terapkan jika berpasangan(Drill Wingchun). Apa saja teknik tersebut?
1. Teknik untuk mendorong dan memukul lawan dan mempercepat gerakan atau teknik. Beladiri apapun sangat membutuhkan hal ini dalam latihan.
2. Teknik hentakan-hentakan untuk menarik lawan dengan menggunakan tenaga lawan.
3. Kekuatan tarikan (dengan hentakan atau lecutan hentakan) untuk melumpuhkan lawan. Dalam beberapa aliran beladiri… teknik ini bersifat mematikan. Untuk itu… mok yan jong / wooden dummy / boneka kayu Wingchun ini digunakan.
4. dan masih banyak lagi.
Tentu saja dalam berlatih mok yan jong / boneka kayu wingchun ini diperlukan imajinasi. Imajinasi yang dimaksud adalah membayangkan arah serangan lawan dan bagaimana mengantisipasinya. Dalam beladiri Wingchun, teknik mok yan jong masuk di bagian akhir atau tingkatan tertentu. Tujuannya adalah supaya para disiplin (murid) yang berlatih terlebih dahulu memahami arti dari setiap gerakan atau teknik yang dipelajari sebelumnya. Jika mereka sudah memahaminya… maka untuk berimajinasi tentang gerakan atau serangan lawan dengan menggunakan mok yan jong / boneka kayu wingchun akan sangat bermanfaat.
Muhammad Hidayat Fauzan pelatih WCHB Cimahpar bogor menunjukan cara berlatih jurus mok yang jong form
https://www.facebook.com/muhammadhidayat.fauzan/videos/1047488735340251/