UNTUK APA BERLATIH BONEKA KAYU WINGCHUN?

UNTUK APA BERLATIH BONEKA KAYU WINGCHUN?

SEJARAH JURUS

Mok Yan Cong atau Muk Yan Jong dalam wing chun (lih. WING CHUN), memiliki 116 teknik yang diaplikasikan pada boneka kayu di dalam sistem wing chun yang diajarkan oleh GM Ip Man. Pada awalnya, Ip Man hanya memiliki 108 buah teknik-teknik Muk Yan Cong, namun kemudian tendangan ditambahkan sehingga jumlahnya menjadi 116 buah teknik. Diperkirakan, ide asal dari penggunaan boneka kayu ini, berasal dari Kuil Shaolin.

Berdasarkan beberapa versi dari sejarah wing chun, biksu-biksu yang meninggali Kuil Shaolin memiliki peran penting di dalam penggunaan Muk Yan Cong. Walaupun begitu, Ip Man secara radikal, menyusun kembali teknik-teknik pada wing chun, terutama pada jurus-jurus yang menggunakan boneka kayu. Oleh karena itulah, jurus-jurus boneka kayu yang dipelajari sekarang, kebanyakan berasal dari Ip Man.

Walaupun setiap kesanadan wing chun memiliki jenis latihan mok yan cong yang berbeda-beda, kelihatannya, jurus muk yan cong dari Ip Man-lah yang sangat umum di masyarakat, dan sangat menonjol.

MANFAAT LATIHAN BONEKA KAYU

Dikatakan bahwa boneka kayu, mengandung teknik-teknik pertarungan yang terdapat di dalam kungfu wing chun. Hal ini tidak berarti kalau teknik-teknik lain yang terdapat di dalam 3 jurus lain (lih. SIL LIM TAO, CHUM KIU dan BIU JEE) bukan untuk pertarungan, namun aplikasinya yang sangat berbeda. Jurus-jurus tangan kosong, harus diaplikasikan dalam situasi tertentu, dan tidak selalu aplikasinya harus sesuai dengan apa yang terlihat pada rangkaian jurus tersebut. Sedangkan teknik-teknik pada boneka kayu, dieksekusi pada ‘Jong’ atau boneka, dan karena itulah teknik-tekniknya diaplikasikan di kondisi dimana jurus muk yan cong dilatih. Hal ini, dikarenakan teknik-teknik pada mok yan cong dilatih kepada boneka yang secara fisik memiliki lengan, kaki dan tangan.

Keuntungan dari berlatih boneka kayu adalah eksekusi teknik-tekniknya, boleh dilakukan dengan power sesuka hati kita, dan bisa dilatih selama berjam-jam, jika misalkan partner latihan kita bosan. Selain itu boneka, tidak bergerak banyak. Praktisi wing chun, berlatih mobilitas tubuh dengan melakukan gerakan melingkar seiring dengan gerakan-gerakan blok dan serangan tangan.

Di antara manfaat-manfaat yang bisa diambil dari berlatih boneka kayu diantaranya:

Meningkatkan Yiu Ma (mekanisme kekuatan dari pinggang)

Mengajarkan murid jarak yang benar dan aman

Mengandung teknik-teknik tambahan seperti tendangan

Melatih struktur tubuh yang benar di saat mengeksekusi teknik

Selain itu, terdapat pula keuntungan tambahan seperti:

· Memperkuat kaki dan tangan

· Membantu murid berlatih aplikasi teknik-teknik wing chun

TENTANG BONEKA KAYU ITU SENDIRI

Boneka kayu, mewakili tubuh lawan kita di saat kita melakukan latihan. Lengannya, merepresentasikan serangan yang harus kita tangkis, atau rintangan yang harus praktisi wing chun atasi untuk menyerang bagian bawah tubuh boneka kayu. Kaki dari boneka, harus diserang oleh praktisi wing chun, sambil melakukan manuver di saat kita melakukan jurus.

Jurus-jurus pada boneka kayu, mengandung aplikasi dari 3 jurus awal, bersamaan dengan teknik-teknik tambahan seperti tarikan leher, dan beberapa teknik tendangan tambahan yang tidak terdapat di 3 jurus tersebut. Dikarenakan sudut dan struktur dari boneka kayu, orang yang berlatih mok yan cong secara otomatis akan melakukan teknik dengan posisi yang benar di saat melakukan latihan eksekusi teknik. Karena boneka kayu merupakan boneka yang padat, kesalahan ketika melakukan teknik seperti sudut eksekusi teknik dan posisi ketika melakukan tangkisan, atau penggunaan energi yang salah, secara otomatis akan bisa diidentifikasi dengan mudah. Hal ini dikarenakan saat kita melakukan eksekusi yang salah, maka kita akan kehilangan keseimbangan, atau merasakan sakit saat memukul. Selain itu, kesalahan saat melakukan teknik Mok Yan Cong, akan membuat gerakan selanjutnya akan sulit untuk dieksekusi.