Wingchun hb di koran sindo 24 maret

wingchun indonesia Harimau Besi di koran sindo 24 maret

Para murid dari perguruan Wing Chun Harimau Besi sedang berlatih gerakangerakan wing chun di bawah bimbingan Julius Khang. Wing Chun diciptakan oleh biksuni Ng Mui di Tiongkok pada sekitar tahun 1700-an..Setelah muay thai populer di kalangan masyarakat hingga artis, kini giliran wing chun tengah naik daun. Olahraga bela diri ini tidak mengandalkan otot, tetapi kecepatan, ketepatan, dan chi yang kuat. Olahraga ini cocok untuk wanita dan orang bertubuh lemah sekalipun. 

Di kalangan artis, sederet nama seperti Deddy Corbuzier, Roro Fitria, Vicky Shu, dan Marcell Siahaan mengaku mendapatkan manfaat kesehatan setelah berlatih wing chun secara reguler. Termasuk aktor sekaligus produser film Ki Kusumo yang sejak beberapa waktu lalu telah resmi membuka latihan bela diri asal Negeri Tirai Bambu yang beraliran Yip Man atau Ip Man ini.

Hal ini diamini oleh Julius khang, pelatih wing chun dari perguruan Kungfu Wing Chun Harimau Besi. Menurut pria yang sejak usia sekolah dasar telah berlatih berbagaimacam kungfu kaum Tionghoa peranakan, bela diri ini lebih banyak menggunakan unsur halus dan lembut ketimbang gerakan kasar dan kaku. Wajar jika bela diri yang diciptakan oleh seorang biksuni bernama Ng Mui di Tiongkok pada zaman Dinasti Ching sekitar tahun 1700-an tersebut sesuai bagi kaum hawa.

“Serangannya tajam, namun tidak memerlukan tenaga terlalu banyak. Teknik bertahannya banyak menggunakan tepisan dan hindaran yang sifatnya tidak menahan langsung serangan musuh dengan kekuatan,” kata pria yang mengajar di GOR Grogol ini. Gerakan kungfu yang ide dasarnya mengambil dari pertarungan ular dan bangau ini, Julius menyebutkan, dapat dipakai untuk latihan senam dan pernapasan. Karena itu, kungfu wing chun sangat baik untuk kesehatan, kelenturan badan, dan meningkatkan peredaran darah.

Hal ini pula akhirnya yang membuat Ellis tak berpikir dua kali mengambil kelas wing chun. Wanita bernama lengkap Ellis Sutriana ini sudah 6 bulan bergabung di Kungfu Wing Chun Harimau Besi di GOR Cilandak. Sejak rutin berlatih, tubuh menjadi lebih fit dan bertenaga, serta lebih mawas diri ketika bepergian. “Saya ingin membekali diri dengan ilmu bela diri, apalagi tinggal di kota besar seperti Jakarta. Kita tidak akan pernah tahu kapan kejahatan akan menimpa kita,” aku wanita 33 tahun ini.

Ia menilai wing chun merupakan seni bela diri yang praktis, tidak bersifat keras, dan dengan gerakan yang juga mudah, plus aman bagi wanita. “Gerakannya lembut tapi bertenaga,” imbuhnya. Wing chun memang mengajarkan teknik bela diri yang dapat dilakukan oleh berbagai kalangan.

Namun yang lebih penting dari itu, bela diri ini juga melatih diri menjadi pribadi yang siaga, pemberani, namun tidak sombong, serta tetap berbudi baik dan lembut hati. sri noviarni